Anda
sering bosan di kantor? Tidak perlu khawatir, ada hal baik yang Anda
bisa peroleh dari kebosanan Anda. Sebuah studi baru mengatakan bahwa
bosan di kantor dapat memicu kreativitas karena kebosanan akan
memberikan waktu pada orang untuk bermimpi atau berkhayal.
Studi
ini melibatkan 80 orang yang dibagi menjadi dua kelompok. Kelompok
pertama diminta untuk menyalin nomor dari buku telepon selama 15 menit.
Setelah mereka menyelesaikan tugas yang membosankan itu, mereka diminta
untuk menunjukkan penggunaan berbeda dengan sepasang cangkir dari
styrofoam. Peserta yang sebelumnya diberi tugas menyalin nomor telepon
ternyata lebih kreatif daripada kelompok yang tidak diberi tugas tadi.
Percobaan
selanjutnya, masih melibatkan dua kelompok, yang pertama diminta untuk
menyalin nomor telepon dan lainnya hanya membaca nomor telepon dari buku
telepon. Hasilnya, kelompok yang hanya membaca lebih kreatif
dibandingkan yang menyalin.
Ini menunjukkan bahwa semakin
membosankan dan pasif suatu aktivitas, seperti hanya membaca dan
mendengarkan dalam rapat, justru akan menyediakan kesempatan untuk
bermimpi atau berkhayal, yang membuat kreativitas Anda meningkat.
Demikian kesimpulan studi yang dipublikasikan dalam pertemuan British Psychological Society di Inggris ini.
“Kebosanan
saat bekerja tidak selalu menjadi sesuatu yang harus dihilangkan, namun
bisa menjadi sesuatu yang bisa kita manfaatkan untuk memicu kreativitas
kita,” kata penulis studi ini Sandi Mann, dari University of Central
Lancashire, Inggris, dalam rilis berita.
“Selanjutnya, kami
masih ingin mengetahui implikasi praktikal dari hasil penemuan ini,”
ujar Mann. “Apakah orang yang bosan di kantor akan lebih kreatif
dibandingkan orang yang bekerja di tempat lain seperti di rumah dan
menulis novel?”
20 Januari 2013
Manfaat di Balik Rasa Bosan Bekerja
Sumber :
Healthday News
0 komentar :
Posting Komentar