01 Januari 2023

PILIHLAH BENGKEL TERBAIK UNTUK SERVIS KENDARAAN

Motor adalah kendaraan yang sangat berguna untuk kegiatan sehari-hari, aktivitas apapun banyak dilakukan dengan kendaraan jenis ini, bahkan setiap rumah memiliki beberapa motor sesuai dengan jumlah keluarga atau jenis kegunaan dari motor tersebut.

Jika masih baru tidak akan menjadi sebuah masalah, karena belum ada kerusakan yang berat akibat pemakaian yang dilakukan secara terus menerus. Tetapi mulai 2 atau 3 tahunan setelah pembelian kendaraan akan mulai mengalami kerusakan, dan tentu saja memerlukan biaya untuk servis dan perawatannya.

Memasuki tahun tersebutlah benar benar akan dilihat karakter orang dalam melakukan perawatan. Apakah rajin atau malas, tetapi jika tidak mau ribet, ya dijual saja kemudian beli baru kembali. Tidak perlu pusing-pusing untuk melakukan perawatan berlebih, karena mulai tahun ke 3 biaya perawatan sudah mulai ekstra, alat alat atau onderdil sudah mulai aus dan perlu diganti dengan yang baru.

Ada pengalaman yang mungkin bisa saya bagikan disini, terkait pengalaman menyervis kendaran bermotor, terutama untuk jenis motor. Pertama adalah perawatan sepeda motor di dealer, atau bengkel resmi sepeda motor, biasanya kita servis di tempat kita membeli, tetapi sekarang sudah berkembang bengkel bengkel resmi dari merk atau jenis sepeda motor itu. Sekarang konsumen dimanjakan dengan pilihan pilihan yang tentunya semua tergantung dari selera.

Biasanya untuk memancing agar konsumen servis kembali ke tempat membeli, adalah dengan pelayanan purna jual, semisal gratis servis untuk beberapa kali dan juga gratis oli. Maksudnya adalah setelah beli, ya servis kembali ke tempat dimana dia beli.

Yang menjadi kendala biasanya untuk dealer atau bengkel resmi ini ramai sekali, kalau tidak datang awal sebelum buka bisa memilih selepas siang hari karena sudah agak sepi. Jika bukan rejeki terkadang harus rela antri berlama lama dan menyediakan waktu khusus untuk servis. Kalau bekerja di rumah atau bekerja tidak ada hubungannya dengan orang lain, perusahaan atau tempat bekerja tidak menjadi masalah. Tetapi jika bekerja pada orang lain harus sedikit menyiasati, bisa datang pagi pagi sekali atau diantar saja, diberitahukan kepada petugas, apa saja yang harus diservis nanti kalau sudah selesai bisa dihubungi. Lebih enak lagi kalau kenal dan akrab dengan orang dalam, sehingga bisa di tinggal dan meminjam motor untuk dibawa ke tempat kerja.  

Bagi laki laki terlebih penyuka mesin, ada hal yang kurang nyaman atau tidak begitu disukai adalah ketika proses pengerjaan tidak bisa melihat dari dekat, hanya bisa melihat saja dari kejauhan saja. Tanpa bisa berinteraksi lebih akrab kepada penyervis, tidak bisa bertanya, apa penyebabnya, mengapa bisa begini, agar tidak begini bagaimana, solusinya bagaimana dan lain sebagainya. Makanya tidak usah heran kalau dealer itu yang servis lebih banyak yang datang adalah para wanita dan laki laki yang sudah berusia lanjut. Karena ya memang agak tertutup, jadi kalau bagi laki laki penyuka mesin ya kurang tantangan.

Kedua, adalah bengkel tidak resmi, bengkel bengkel yang dimiliki oleh perseorangan atau kelompok, disini kita bisa lebih akrab dan bisa bertanya secara jelas dan bisa melihat prosesnya dari dekat. Hanya saja untuk menemukan bengkel yang tepat agak sulit, terkadang servisnya tidak sesuai dengan yang kita harapkan, apa yang kita keluhkan belum tertangani secara tuntas. Kelemahannya lagi adalah terkait onderdil. Onderdil yang tersedia ada yang orisinil dan kw. Jika orisinil tidak ada permasalahan, tapi jika tidak maka akan sangat menggangu, hal tersebut saya rasakan saat diberi onderdil yang kw, seperti kiprok, yang membuat saya lebih sering ke bengkel untuk menservis motor karena kesulitan dalam menstarter motor, dalam 2 atau 3 bulan terpaksa ganti aki, ketika ke bengkel yang lain diganti kiprok yang orisinil selesai masalah.

Kemudian juga pernah mengganti seal oli yang tidak orisinil, mengakibatkan oli menyebar ke mana mana, sampai mengenai fanbelt, sehingga ketika gas di tarik hanya suara saja yang keras, tetapi daya mendorongnya lemah, padahal air pendingin penuh. Saran saya kalau servis ke bengkel yang seperti ini, pilihlah onderdil yang orisinil dan sesuai dengan jenis motornya, lebih baik mahal tetapi akan memberikan kenyamanan. Tetapi agak sulit memang. Karena dengan menjual spare part yang kw lebih menguntungkan dan menjanjikan bagi bengkel tersebut.  

Ketiga, ini yang menjadi tempat servis saya sekarang, penyervis awalnya adalah orang yang bekerja di dealer. Malam hari dan hari libur menerima servis di rumah, tentu saja sudah teruji karena bekerja di bengkel resmi. Ketika saya menemukan ketidaknyamanan dengan motor, saya ceritakan keluhan tentang motor, kemudian diberi beberapa kemungkinan, apa penyebabnya dan penyelesaiannya. Setelah itu dicek kendaraannya, sesuai tidak dengan dugaan dugaan dan akhirnya beberapa masalah yang tidak bisa diselesaikan oleh bengkel biasa bisa selesai di sini. Sekarang sudah fulltime bekerja dirumah mengingat pelanggannya semakin lama semakin banyak, maka dari itu memilih resign dari tempat kerjanya.

Profesional, murah dan yang membuat saya nyaman adalah bisa diajak berdiskusi, bisa ngobrol akrab. Terlebih onderdil yang disediakan di rumah adalah orisinil, alat alat servisnya lengkap, suasananya nyaman. Hal hal tersebut yang membuat saya menyerahkan motor saya untuk diservis berulang kali, karena saya percaya dengan apa yang dilakukannya, ditambah dengan sifat teliti dan sabar, serta memberikan masukan masukan dalam merawat mesin.

Sebagai konsumen harus jeli dalam memilih bengkel, agar kendaraan bermotor kita tetap dalam kondisi yang baik dan fit untuk dipergunakan sehari-hari. Salah memilih bengkel yang kita percaya untuk menangani motor akan membuat kita tidak nyaman untuk mengendarainya, kendaraan lebih sering masuk bengkel, keluar uang lebih banyak  dan lain sebagainya. Jadi pilihlah bengkel terbaik untuk servis kendaraan anda. 

 

 

0 komentar :